Pages

Meteor Menghajar Jakarta Hancurkan Pemukiman Warga

Selasa, 04 Mei 2010

Sesaat terdengar bunyi desingan diikuti suara menggelegar saat Kamis petang (29/4/10). Mendengar ledakan itu beberapa penduduk sekitarnya tunggang langgang lari terbirit-birit. Beberapa warga di Jalan Delima VI, Malakasari, Jakarta Timur itu berhamburan keluar rumah. Mereka berlari menyelamatkan diri. Empat rumah rusak parah. Tidak ada korban jiwa. Luka ringan banyak. Orang-orang di sana mengira, ledakan itu adalah bom. Ada pula yang menyebutkan ledakan bersumber dari tabung gas. Kapolres Jakarta Selatan di tempat kejadian menyatakan penyebab ledakan yang pasti bukan bom atau kompor gas. tetapi di duga benda angkasa yang jatuh atau sejenis meteor.

Meteor adalah penampakan jalur jatuhnya meteoroid ke atmosfer bumi, lazim disebut sebagai bintang jatuh. Penampakan tersebut disebabkan oleh panas yang dihasilkan oleh tekanan ram (bukan oleh gesekan, sebagaimana anggapan umum sebelum ini) pada saat meteoroid memasuki atmosfer. Meteor yang sangat terang, lebih terang daripada penampakan Planet Venus, dapat disebut sebagai bolide. Jika suatu meteoroid tidak habis terbakar dalam perjalanannya di atmosfer dan mencapai permukaan bumi, benda yang dihasilkan disebut meteorit. Meteor yang menabrak bumi atau objek lain dapat membentuk impact crater.

Adapula yang menduga ledakan kemarin petang itu adalah hasil kerja tukang santet. Sudarmojo, seorang warga yang rumahnya rusak parah, semula yakin betul bahwa ini kerjaan dukun santet. “Saya kan orang Jawa, masih agak percaya sama santet,” katanya.
Rumah Sudarmodjo dihujam meteor hingga rusak berat. Namun pria yang tinggal di Duren Sawit, Jakarta Timur itu konon akan menerima rezeki besar.”Menurut saya, Bapak akan mendapat rezeki besar,” kata paranormal dari Forum Komunikasi Paranormal Indonesia, Kamandaka, di rumah Sudarmodjo di Jalan Delima, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Rezeki apa itu? Kamandaka tidak ingin menjelaskan lebih lanjut. “Kita lihat saja nanti,” katanya. Kamandaka sudah dua kali ke rumah Sudarmodjo. Pria yang masih muda itu ingin mencari batu meteor yang menimpa rumah Sudarmodjo. “Saya ingin membuktikan meteor itu,” katanya. Sementara itu Sudarmodjo mengatakan, Kamandaka sudah dua kali datang untuk melihat-lihat rumahnya. “Dia ingin lihat-lihat katanya,” ujarnya.Suasana mistis mulai muncul di lokasi jatuhnya meteor di Duren Sawit, Jakarta Timur. Apalagi, seorang paranormal tampak melihat-lihat di sekitar lokasi. “Ini penghakiman untuk dunia,” kata paranormal bernama Kamandaka itu. Kamandaka mengaku berasal dari Forum Komunikasi Paranormal Indonesia. Pria yang mengenakan kemeja hitam itu tampak melihat-lihat rumah milik Sudarmodjo di Jalan Delima, Duren Sawit, yang hancur setelah tertimpa benda dari luar angkasa. “Untuk Indonesia, kita akan hadapi hal baru, kehidupan yang baru dan berita yang baru,” kata Kamandaka. Entah apa maksud paranormal itu. Kamandaka tidak mau menjelaskannya. “Saya melihatnya cenderung negatif, tapi tergantung yang melihat. Kita lihat saja,” kata Kamandaka. Kamandaka mengatakan, peristiwa jatuhnya meteorit ke bumi masih mungkin terjadi. “Tahun ini saya kira masih terjadi di Jakarta,” ujarnya.

0 komentar: